5 Gejala Diabetes yang Tak Terduga Ini Wajib Diasweeters Ketahui

2017 May 29

5 Gejala Diabetes yang Tak Terduga Ini Wajib Diasweeters Ketahui

Diabetes merupakan salah satu penyakit mengerikan yang bisa membuat pengidapnya sangat menderita. Sebelum sesuatu yang buruk menimpa anda, sebaiknya kenali dulu 5 gejala diabetes yang tak terduga ini, seperti dilansir dalam Prevention.com.

Perubahan kulit yang buruk

Menurut Sanjiv Saini, MD, dermatolog di Edgewater, Maryland, saat kadar gula darah tinggi, anda akan menemukan noda gelap di lipatan kulit. Selain itu, lipatan gelap ini pun menjalar hingga ke bagian belakang leher, buku-buku jari hingga sikut.

Tapi ingat, kondisi genetika atau hormonal pun bisa menyebabkan penggelapan kulit yang umumnya disebut acanthosis nigricans ini. Untuk memastikannya, sebaiknya segera periksa kadar gula darah anda lewat pemeriksaan mandiri atau lewat dokter.

Penglihatan kabur

Dalam keterangannya, Howard Baum, MD, asisten profesor kedokteran di divisi diabetes Vanderbilt University, menyebut jika penglihatan merupakan salah satu yang terkena dampak buruk kenaikan gula darah. Bahkan dalam kondisi tingkat lanjut, terkadang diabetes bisa menyebabkan kebutaan.

Menurut Howard, kondisi ini disebabkan karena pengaruh diabetes yang membuat kadar cairan dalam tubuh bergeser, dimana di dalamnya termasuk cairan dalam mata. Kondisi inilah yang akhirnya akan membuat ketajaman penglihatan anda menjadi turun.

Gatal tak henti-hentinya

Selain mata, kadar gula darah yang tinggi pun membuat sirkulasi darah terganggu, hingga akhirnya menyebabkan kulit kering, iritasi dan gatal. Bahkan beberapa pasien yang baru divonis diabetes, mereka mengaku mengalami gatal ekstrim di tangan dan kaki.

Saat kondisi ini terjadi, sebaiknya cobalah untuk mengatasinya dengan menggunakan pelembab atau salep anti gatal. Saat rasa gatal ini tetap tidak bisa dikendalikan, sebaiknya hubungi dokter untuk memastikan tingkat kadar gula darah anda.

Pendengaran berkurang

Selain penglihatan, pendengaran pun merupakan salah satu pancaindera yang akan terpengaruh masalah lonjakan kadar gula darah ini. Makin tinggi kadar gula darah anda, secara perlahan indera pendengaran pun akan terenggut, hingga anda pun divonis tunarungu.

Dalam penelitiannya, National Institute of Health, bahkan menyebutkan jika 30 persen lebih penderita diabetes akan mengalami kerusakan pendengaran parah, terlebih untuk mereka penderita diabetes yang sudah berusia lanjut

Mendengkur parah

Osama Hamdy, MD, direktur manajemen diabetes di Joslin Diabetes Center di Boston, menyebut jika mendengkur merupakan salah satu gejala penderita diabetes. Bahkan menurut penelitiannya, setengah dari penderita diabetes tipe-2, dipastikan mengalami gangguan napas ketika tidur.

Mengingat betapa berbahayanya Diabetes, sangat disarankan mulai sekarang anda membatasi konsumsi gula berlebih, dan rutin mengonsumsi Diasweet Litesip, yang dipastikan bebas gula dan rendah lemak. Selain itu, produk ini pun sangat cocok dikonsumsi sebagai pelengkap sarapan dan makan malam.

Diasweet Litesip sendiri tersedia dalam 2 varian rasa, yakni cokelat dan vanilla. Pilih saja sesuai selera! Bagaimana Diasweeters, sudah siap menjauh dari gula?

Comment