Apa Boleh Minum Kopi Setelah Konsumsi Obat?

2017 Oct 23

12

Harus diakui kopi memang bikin ketagihan. Bahkan bagi beberapa orang, mereka merasa harus mengonsumsi apapun kondisinya, termasuk saat sedang sakit. Yang jadi masalah, boleh nggak minum kopi setelah minum obat?

Biasanya kita akan merasa sangat segar dan terjaga setelah minum kopi. Kondisi ini disebabkan karena kandungan kafein dalam kopi mampu merangsang kerja otak dan jantung. Sayang, kafein dalam  kopi pun bisa berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti efedrin dan fenilpropanolamin.

Dua obat tersebut berfungsi untuk mengatasi gejala flu dan hidung tersumbat. Jika kamu mengonsumsi obat tersebut, kemudian langsung minum kopi, maka kemungkinan yang terjadi adalah, detak jantung akan meningkat drastis. Jelas ini sangat buruk bagi mereka yang punya masalah jantung.

Selain kedua obat tersebut, efek samping yang sama pun bisa terjadi saat kamu mengonsumsi beberapa jenis obat, seperti obat asma, theophylline, kelompok antibiotik kuinolon, antidepressan dan obat antipsikotik, dan pil KB.

Bahaya lainnya, minum kopi setelah minum obat bisa memicu keracunan karena kafein bisa bertahan lebih lama di dalam tubuh ketimbang obat, khasiat obat akan lebih lama muncul atau bahkan jadi kurang manjur karena kafein bisa mengganggu proses penyerapan obat dan lainnya.

Umumnya, efek samping ini berlaku untuk obat jenis antidepresan, esterogen dan jenis obat untuk gangguan tiroid dan osteoporosis.

Hal ini dibuktikan lewat sebuah penelitian di tahun 2008, yang menyebut jika penyerapan levothyroxine (obat gangguan tiroid) berkurang hingga mencapai 55 persen ketika diminum bersama kopi. Hal yang sama pun terjadi untuk alendronate (obat osteoporosis), yang penyerapannya berkurang hingga 60 persen.

Mengganggu keseimbangan hormon

Khusus untuk wanita, konsumsi kopi bersama dengan obat-obatan tertentu bisa berpengaruh pada keseimbangan  hormon. Hal ini dibuktikan lewat beberapa penelitian, yang menyebut jika kadar esterogen dan hormon lain pada wanita akan mengalami penurunan sesaat setelah minum kopi.

Makanya Diasweeters, dilarang keras minum kopi setelah minum obat. Kalaupun ingin ngopi, sebaiknya tunggu selama 2-3 jam hinga obat diserap tubuh dengan sempurna.

Comment