Berendam Air Panas Bisa Turunkan Gula Darah, Mitos atau Fakta?

2017 Jul 19

Berendam Air Panas Bisa Turunkan Gula Darah, Mitos atau Fakta

Saat Anda divonis punya kadar gula darah tinggi, salah satu hal yang pertama dilakukan adalah, membatasi hal-hal yang berbau gula untuk menurunkannya. Salah satunya dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah, mengonsumsi kentang rebus dan perbanyak makanan tinggi serat.

Selain itu, banyak orang yang mulai mempertimbangkan untuk rutin berolahraga, salah satunya yang paling direkomendasikan adalah bersepeda, lari pagi, aerobik, berenang dan lainnya. tapi apakah Anda tahu jika berendam dalam air panas bisa menurunkan kadar gula darah?

Dilansir dalam Health Magazine, sebuah penelitian terbaru menyebut jika kebiasaan berendam dalam air panas ternyata efektif untuk mengurangi kadar gula darah. Bahkan tingkat efektifivitasnya jauh lebih hebat ketimbang olahraga cardio, seperti lari, bersepeda dan berenang.

Penelitian yang sama pun menyebut jika berendam dalam air panas efektif membakar hingga 126 kalori. Jumlah ini setara dengan 80 persen dari total kalori yang bisa Anda bakar saat melakukan kegiatan fisik menengah, seperti berjalan kaki selama 30 menit.

Walaupun begitu, Steve Faulkner, selaku pimpinan penelitian dari Loughborough University, menyebut jika penelitian ini masih harus dikembangkan, terutama dari jumlah responden dan kebiasaan penunjang lainnya. Pasalnya, penelitian ini hanya melibatkan 10 pria dengan kondisi kadar gula darah tinggi.

Sementara itu, terkait dampaknya bagi wanita, pria yang juga dikenal sebagai pakar fisiologi olahraga ini mengaku akan segera melakukan penelitian yang sama pada wanita.

Jangan tinggalkan olahraga

Walaupun memiliki manfaat setara dengan olahraga, sebaiknya jangan pernah meninggalkan olahraga. Justru sebaliknya, adanya penelitian ini harusnya jadi peluang berharga agar Anda lebih semangat berolahraga, dan mengakhiri hari dengan berendam dalam air panas.

Pasalnya selain efektif menurunkan kadar gula darah, berendam dalam air panas efektif untuk menenangkan otot, mengatasi cedera otot pasca berolahraga, mengembalikan stamina, mengatasi pegal-pegal, melancarkan peredaran darah dan membuat tidur Anda jadi lebih nyenyak.

Tapi ingat Diasweeters, lakukan terapi dalam porsi yang wajar. Pasalnya, terlalu sering berendam dalam air panas bisa membuat kulit Anda cepat kering.

Comment