Diasweeters, Benarkah Vitamin C Bisa Sembuhkan Flu?

2017 Oct 15

8

Saat daya tahan tubuh menurun dan flu menyerang, banyak orang yang mengonsumsi buah-buahan demi mendapatkan asupan vitamin C langsung dari sumber terbaik. Konon katanya, vitamin C dalam buah-buahan ini efektif untuk menyembuhkan flu. Benarkah itu?

Menurut penelitian yang dilakukan di Finlandia, menyebut jika vitamin C memang bermanfaat untuk mencegah flu. Tapi untuk mengatasi penyakit ini, kemampuan vitamin C masih belum teruji. Bahkan dalam penelitian ini disebutkan jika vitamin C kurang efektif untuk mengatasi flu.

Dalam penelitian ini, para periset meminta peserta penelitian untuk mengonsumsi 8 gram vitamin C per hari, bagi mereka pasien flu. Hasilnya, 8 gram vitamin C mampu mempercepat proses penyembuhan akibat flu hingga 19 persen ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi vitamin C.

Sementara dalam  penelitian kedua, para peserta diberi 4 gram vitamin C per hari dengan pola yang sama. Hasilnya, tingkat penyembuhan flu mereka hanya sekitar 9 persen ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi vitamin tersebut.

Dengan adanya perbandingan 2 penelitian ini, para periset menyimpulkan jika vitamin C kurang efektif untuk menyembuhkan flu, terlebih buat mereka yang mengonsumsi vitamin C dalam dosis rendah.

Sementara jika kamu memaksakan diri untuk mengonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi, dikhawatirkan bisa menimbulkan dampak buruk. Bahkan National Institutes of Health mencatat jika konsumsi vitamin C di atas 2 gram per hari, bisa meningkatkan risiko mual, diare dan kram perut.

Terus gimana dong solusinya?

Dilansir dalam Business Insider, ketimbang vitamin C, tim peneliti dari Harvard Medical School justru lebih menyarankan kamu untuk mengonsumsi setidaknya 15-25 mg Zinc per hari ketimbang mengandalkan vitamin C untuk mengatasi flu.

Alasannya, Zinc dipercaya mampu menggangu perkembangan rhinovirus, sejenis virus yang menjadi penyebab utama flu. Selain itu, Zinc pun merupakan elemen khusus yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memastikan sistem kekebalan berfungsi dengan baik.

Selain dengan mengonsumsi suplemen Zinc sesuai dengan anjuran dokter, kamu pun bisa mendapat asupan mineral ini dari beberapa makanan, seperti buncis, jamur, kacang merah, kepiting, dan ayam.

 

Comment