Diet Karnivor Ampuh Turunkan Berat Badan, Benarkah?

2017 Dec 11

image006

Ada banyak program diet yang diklaim ampuh menurunkan berat badan dengan cepat dan aman, mulai dari diet dengan fokus kepada konsumsi makanan non-daging, hingga diet dengan fokus kepada konsumsi makanan tinggi protein yang beradal dari produk hewani, atau yang disebut dengan diet karnivor.

Dalam pola diet yang dikenal juga dengan nama tiger diet ini dilakukan dengan cara memangkas konsumsi karbohidrat hingga 90 persen, dan menggantinya dengan konsumsi makanan tinggi protein yang berasal dari daging, ikan, telur, dan susu.

Benarkah dapat menurunkan berat badan?

Sepintas, pola diet ini memang tergolong baik dan sudah banyak orang yang mengaku mampu menurunkan berat badan dengan sangat cepat. Hal ini tidak lain karena konsumsi makanan tinggi protein yang menyebabkan mereka mudah kenyang, dan menyimpannya dalam waktu lebih lama.

Tapi jika dilihat dari faktor kesehatan, banyak pakar yang mengkritik pola diet ini karena dianggap bisa meningkatkan risiko kekurangan nutrisi.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition, pola diet karnivor bisa memicu beberapa masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan masalah pencernaan karena kekurangan serat, kurang vitamin dan aroma tubuh yang tidak sedap.

Selain itu, dilansir dalam Life Hack, pola makan tinggi protein dan memangkas nutrisi lainnya (karbohidrat, vitamin dan serat), akan menyebabkan ginjal bekerja keras untuk menyaring racun yang terkandung dalam makanan tersebut. Akibatnya, masalah ginjal pun sangat mungkin terjadi.

Akibat lainnya, protein sangat sulit dicerna tubuh, sehingga butuh banyak kalsium untuk mengolahnya. Dalam jangka waktu yang lama, pola diet karnivor berisiko membuat tubuh kekurangan kalsium, dan menderita osteoporosis, apalagi jika kamu kurang mengonsumsi susu dan mengandalkan daging.

Apa yang harus dilakukan?

Diet seimbang merupakan satu-satunya cara yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi protein, tapi jangan lupa untuk mengonsumsi makanan lainnya, seperti biji-bijian, gandum utuh, sayuran, dan buah-buahan yang kaya akan vitamin.

Untuk meningkatkan asupan serat, kamu bisa mengonsumsi Diasweet Litebite, camilan sehat yang kaya akan serat dan rendah kolesterol. Selain itu, camilan ini pun sangat lezat, sehingga cocok dikonsumsi menjelang makan siang, sore hari atau jadi menu utama makan malam.

Comment