Fakta, Kopi dan Teh Bisa Cegah Penyakit Hati

2017 Jul 23

Fakta, Kopi dan Teh Bisa Cegah Penyakit Hati

Selama ini kopi dan teh dikenal sebagai minuman populer karena rasanya yang nikmati. Kopi sendiri sering diandalkan sebagai mood booster dan ganjal mata saat begadang, sementara teh kerap diandalkan untuk bersantai di sore hari sambil melepas lelah setelah bekerja seharian penuh.

Diasweeters, ternyata manfaat kopi dan teh tidak sebatas kelezatannya lho. Dilansir dalam Daily Mail, Penelitian terbaru menyebut jika konsumsi kopi dan teh secara teratur, efektif untuk menurunkan risiko sirosis hati hingga 44 persen.

Sebuah penelitian yang dari University of Southampton, meninjau ulang data 9 penelitian jangka panjang sebelumnya dengan peserta sebanyak hampir setengah juta pria dan wanita dari enam negara.

Hasilnya, para peneliti menemukan kaitan antara mereka yang minum dua cangkir kopi atau 3-4 cangkir teh per hari, ternyata cenderung bebas dari sirosis hati dan tidak memiliki riwayat meninggal karena penyakit mematikan tersebut.

FYI, sirosis hati merupakan sebuah kondisi dimana hati terluka karena paparan racun yang berasal dari alkohol atau karena infeksi hepatitis C. Dampak penyakit ini cukup mematikan, bahkan bisa berakibat fatal karena berisiko menyebabkan gagal liver dan kanker.

Menurut catatan dari WHO, dalam per tahunnya lebih dari satu juta orang meninggal di seluruh dunia karena penyakit ini. Salah satu contohnya adalah musisi legendaris Jimi Hendrix yang meninggal dunia setelah divonis menderita sirosis hati.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal sains Alimentary Pharmacology and Therapeutics, disebutkan jika kopi dan teh mengandung ribuan senyawa aktif yang efektif untuk mengontrol dan mencegah timbulnya sirosis hari, termasuk asam klorogenik, melanoid dan petacylcic diterpenes.

Efek biologis yang ditimbulka kedua minuman populer ini berupa stimulasi sistem saraf sentral yang berasal dari kafein. Selain itu, kopi dan teh pun efektif untuk meredam stres, bersifat anti-inflamasi, anti-karsinogenesis dan bersifat anti-oksidan.

Penelitian ini sejalan dengan penelitian lainnya yang diterbitkan dalam Journal of Hepatology, yang menyatakan kopi dan teh merupakan cara terbaik untuk menekan peningkatan penderita penyakit hati.

Comment