Hati-Hati, Makanan-Makanan Ini Bisa Picu Sakit Kepala Mendadak

2017 May 20

Hati-Hati, Makanan-Makanan Ini Bisa Picu Sakit Kepala Mendadak

Jika dibandingkan dengan dengan gangguan kesehatan lainnya, sakit kepala termasuk dalam deretan gangguan kesehatan yang sudah dikenal sejak ratusan tahun silam. Tapi uniknya, hingga kini banyak peneliti yang belum mampu menyimpulkan apa sebenarnya penyebab pasti dari kondisi ini.

Beberapa peneliti sepakat jika stres bisa memicu timbulnya sakit kepala. Selain itu, kurang tidur dan faktor cuaca, ditenggarai sebagai salah satu pemicunya. Tapi tahukah anda kalau sakit kepala bisa juga disebabkan karena konsumsi makanan tertentu?

Dilansir dalam Live Science, sebuah penelitian terbaru menyebut jika makanan seperti kacang-kacangan dan keju, berpotensi memicu timbulnya sakit kepala parah. Bahkan dalam kondisi tertentu, sakit kepala yang menyiksa ini bisa membuat penderitanya lumpuh.

Usut punya usut, adalah tyramine, sejenis senyawa kimia yang secara alami terkandung dalam makanan pemecahan asam amino. Jika sampai masuk ke dalam tubuh, senyawa ini diyakini akan memicu respon sakit kepala pada orang tertentu.

Walaupun begitu, tinggi rendahnya kadar tyramine dalam jenis makanan tersebut, ditentukan oleh berapa lama makanan tersebut disimpan dalam suhu ruangan. Contoh beberapa makanan yang harus diwaspadai adalah acar, keju dan daging asap.

Selain itu, jika disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama, beberapa makanan lainnya seperti kacang tanag, pisang, alpukat, kacang fava dan lainnya, kadar tyramine di dalamnya akan melonjak tinggi, hingga berpotensi menyebabkan sakit kepala parah.

Lantas, siapakah yang berisiko terkena masalah ini?

Dalam penelitian gabungan antara Northwestern Memorial Hospital di Chicago dan Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, orang yang kurang tidur berpotensi besar akan terpengaruh oleh tyramine. Sementara untuk yang tidurnya normal, umumnya tyramine tidak berpengaruh bagi mereka.

Menariknya, dalam penelitian ini pun disimpulkan jika efek tyramine ini tidak langsung datang, tapi akan muncul perlahan setelah 48 jam. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak pakar kesehatan sulit menyimpulkan makanan apa saja yang berisiko mendatangkan sakit kepala.

Selain tyramine, beberapa senyawa kimia lainnya, seperti nitrat yang banyak terkandung dalam daging olahan, diklaim sebagai salah satu penyebab timbulnya sakit kepala. So, kalau anda mendapati sering mengeluh sakit kepala, nggak ada salahnya untuk mencurigai makanan-makanan tersebut.

Comment