Hebat, Tato Ini Mampu Pantau Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

2017 Jul 17

Hebat, Tato Ini Mampu Pantau Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menakutkan. Untuk mengatasinya, beragam cara ditawarkan agar jumlah penderita penyakit ini tidak terus bertambah, ada yang menyarankan dengan diet, hingga pengobatan tertentu.

Tapi Diasweeters, belakangan ini dunia maya sedikit heboh dengan cara unik untuk mengendalikan diabetes, yakni dengan cara menggunakan tato. Fungsinya, tato ini digunakan untuk memantau kadar gula dalam tubuh. Nah lho, gimana ceritanya?

Dilansir dalam Bustle, baru-baru ini sekelompok peneliti dari Massachusetts Institute of Technology dan Texas Diabetes Institute, bergabung dengan Dermal Abyss untuk menciptakan sebuah tato yang bisa berubah warna sesuai dengan kondisi kadar gula darah dalam tubuh.

Walaupun hingga kini tim peneliti masih belum berencana untuk melakuka pengujian klinis, atau bahkan memasarkan tato tersebut, tapi setidaknya proyek ini telah berhasil membuka kemungkinan untuk memantau gula darah dengan cara yang artistik.

Dalam situs resminya, para peneliti Dermal Abyss menjelaskan jika warna tato yang mereka gambar ini akan berubah dari pink ke ungu sesuai dengan kadar glukosa. Dengan cara memperhatikan warna tato, Anda bisa mengetahui apakah saat itu membutuhkan insulin atau tidak.

Tato unik ini bekerja lewat tinta biosensing (sensor tubuh), dimana biosensor dalam tato ini akan berubah warna mengikuti pola perubahan pada cairan interstitial yang melingkupi jaringan sel dalam tubuh untuk mengukur keasaman melalui kadar pH, kadar sodium dan glukosa.

Menurut Dr. Debbie Woody, ahli penyakit kaki di Oakwood Hospital, mengaku jika tato ini merupakan sebuah penemuan yang menarik dan luar biasa. Walaupun begitu, kita harus sabar untuk menunggu tato ini benar-benar mampu memonitor kadar gula pasien.

Lebih lanjut lagi, Dr. Woddy menyebut jika tato ini tidak akan mudah terlihat oleh mata telanjang. Nantinya, Anda akan dibekali dengan semacam alat pemantau yang mirip cahaya hitam untuk melihat perubahan warna dari tato tersebut.

Walaupun begitu, Dr. Woody tidak pernah berpikir jika tato ini akan sepenuhnya mampu menggantikan glucose meter yang sudah lebih lama dikenal dan digunakan secara luas. Tapi setidaknya, cara unik ini semakin memperkaya teknik pengendalian gula darah. Bagaimana menurut Anda Diasweeters?

Agar gula darah terjaga dengan maksimal, rutinlah mengonsumsi produk-produk Diasweet yang aman dikonsumsi oleh semua orang, termasuk Diasweeters yang menderita Diabetes. Sebagai pemanis pengganti gula ada Diasweet Sweetener. Untuk cemilan ada Diasweet Litebite yang tidak cuma aman dikonsumsi oleh penderita Diabetes, tapi juga bisa membantu Diasweeters yang sedang menjalani program diet sehat.

Produk terakhir dari Diasweet yang aman dikonsumsi semua orang termasuk penderita diabetes adalah Diasweet Litesip. Produk minuman ini tidak hanya lezat tapi juga bebas gula dan rendah lemak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Comment