Ingat, Minum Air Putih Tidak Harus 8 Gelas Tiap Hari

2017 Jul 30

Ingat, Minum Air Putih Tidak Harus 8 Gelas Tiap Hari

Diasweeters, pasti sering banget kan mendengar anjuran untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari? Faktanya, ternyata air putih yang harus dikonsumsi adalah, harus disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas fisik yang dilakukan.

Dengan kata lain, Anda tidak harus mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas. Terkadang, Anda hanya butuh 6 gelas per hari, atau bahkan butuh hingga 10 gelas per hari.

Dilansir dari Brightside, Aaron E. Carroll, profesor pediatri di Indiana University School of Medicine, menyebut jika anggapan orang harus minum 8 gelas per hari, hingga kini masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah dan dianggap kurang tepat.

Pasalnya, kebutuhan air putih harus disesuaikan dengan lingkungan tempat kita tinggal, aktivitas fisik dan kondisi tubuh. Misalnya, saat cuaca di luar sedang terik dan Anda banyak mengeluarkan keringat, 8 gelas mungkin termasuk kurang.

Hal yang sama pun saat Anda baru sembuh setelah sakit, melakukan aktivitas fisik yang berat, atau bagi wanita hamil, kebutuhan air putih bisa lebih banyak. Bahkan mencapai lebih dari 10 gelas.

Selain itu, kebutuhan air putih pun bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran. Misalnya semangka, melon atau mentimun, semuanya termasuk golongan buah dan sayur dengan kandungan air yang melimpah. Saat mengonsumsinya dalam jumlah banyak, kebutuhan air kita pun sudah tercover.

Pelajari sinyal tubuh

Untuk menentukan apakah kita butuh asupan cairan tambahan atau tidak, ahli diet Sharon Palmer menyarankan Anda untuk melihat sinyal yang diberikan tubuh lewat datangnya rasa haus, atau bisa juga dengan melihat urine yang berwarna cenderung gelap.

Sementara jika urine Anda berwarna kuning pucat atau bahkan putih, itu pertanda kebutuhan air Anda sudah tercukupi, walaupun hari itu Anda baru mengonsumsi 4 atau 6 gelas air putih.

Perhatikan juga ketika Anda berolahraga. Pakar kesehatan dari Harvard Medical School, menyarankan Anda untuk minum air putih sebanyak 2-3 gelas setelah berolahraga atau ketika keringat mengucur deras di tubuh karena cuaca yang sangat panas.

Kesimpulannya, kebutuhan cairan tidak bisa dihitung dari jumlah per gelas dalam satu hari. Tapi air putih harus dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Comment