Ini Alasan Kamu Lebih Baik Konsumsi Es Kopi Ketimbang Kopi Panas!

2017 Oct 29

15

Selain disajikan hangat, belakangan ini lagi ada tren menyeruput kopi dalam kondisi dingin atau yang dikenal dengan nama es kopi. Biasanya, es kopi dikonsumsi saat jam makan siang untuk memberikan efek segar. Manakah yang lebih sehat? Es Kopi atau kopi panas?

Apapun cara penyajiannya, kopi memang memiliki sejumlah khasiat, dari mulai menurunkan risiko diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung, depresi dan berbagai penyakit yang berkaitan dengan gangguan saraf, seperti Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) dan Parkinson.

Sementara menurut laporan dari NIH-AARP Diet and Health Study, konsumsi secangkir kopi per hari dinilai mampu mengurangi risiko kematian dini sebesar 6 persen, dan mengonsumsi 2-3 cangkir kopi per hari mampu menekan risiko kematian dini hingga 10 persen.

Lantas, mana yang terbaik. Minum es kopi atau kopi panas?

Frank Hu, MD. PhD, Profesor epidemiologi dan gizi di Harvard T.H Chan School of Public Health, menyebut jika suhu pembuatan kopi tidak berpengaruh terhadap kandungan nutrisi kopi. Untuk masalah rasa, sudah tentu ini tergantung dari selera.

Singkat kata, Frank menyebut jika cara menyeduh kopi nggak berpengaruh dengan kandungan nutrisinya. Baik dikonsumsi kopi panas atau es kopi, keduanya mengandung nutrisi yang sama.

Walaupun begitu, efek kafein dalam kopi dingin bisa dibilang lebih tinggi ketimbang kopi hangat. Hal ini karena rasa es kopi memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah ketimbang kopi hangat, sehingga efek kafein akan lebih terasa.

Di samping itu, es kopi pun bisa menjadi pilihan bijak buat kamu yang bermasalah dengan lambung. Tapi ingat, untuk penderita masalah lambung parah, sebaiknya batasi mengonsumsi kopi.

Catatan lainnya, sangat disarankan untuk mengonsumsi kopi tanpa gula tambahan. Jika memang kamu nggak kuat dengan rasanya yang pahit, bisa gunakan Diasweet Sweetener, pemanis buatan yang terbuat dari Aspartam, dengan kekuatan rasa manis 160-220 kali lebih tinggi ketimbang gula biasa.

Keunggulan lainnya, Diasweet Sweetener pun rendah kalori dan aman dikonsumsi siapa saja, termasuk buat kamu penderita diabetes. Selamat mencoba!

Comment