Ini Jumlah Karbohidrat Yang Wajib Dikonsumsi Pria Yang Sedang Diet!

2017 Oct 11

6

Menurut penelitian dari University of Exeter Medical School, memotong asupan harian karbohidrat bisa berimbas kepada tubuh yang mengambil cadangan lemak sebagai sumber energi pengganti, yang pada gilirannya akan membuat bobot tubuh berangsur menurun.

Walaupun begitu, dilansir dalam msn.com, Jim White, RD, ASCM, pendiri Jim White Fitness Nutrition Studios, menyebut keputusan untuk memotong asupan karbohidrat harus dipertimbangkan dengan baik. Jika tidak, maka kamu akan merasakan banyak efek buruk ketimbang keuntungannya.

Contohnya, terlalu banyak memotong karbohidrat akan membuat kamu mudah merasa lapar. Selain itu, kamu pun berisiko mengalami masalah bau mulut dan bau badan, sembelit, kembung dan masalah lainnya.

Aturan karbohidrat untuk pria

Khusus untuk pria, White menyarankan untuk mengonsumsi 200-250 gram karbohidrat setiap harinya. Sementara menurut Pedoman Diet untuk orang Amerika, jumlah karbohidrat sebaiknya tidak lebih dari 45-65 persen dari asupan total kalori harian.

Hal inilah yang membuat jurnal Nutrition, Metabolism, and Cardiovascular Diseases, mengonfirmasi jika diet rendah karbohidrat bukan berarti tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali dan menggantinya dengan lemak, tapi hanya mengonsumsi karbohidrat kurang dari 45 persen dari total makanan harian.

Sementara untuk pria Asia, kamu disarankan untuk konsumsi karbohidrat sekitar 150-200 gram per hari, atau setara dengan 3 porsi nasi seukuran cangkir kopi (setara 50 gram karbohidrat). Sementara untuk pendampingnya, kamu disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Namun White mengingatkan agar kamu tetap berfikir rasional. Jangan sampai kamu menurunkan asupan karbohidrat dan menurunkan makronutrien, seperti protein dan lemak, sekaligus. Jika ini terus dilakukan, kamu berisiko menderita kekurangan nutrisi, metabolisme yang melambat dan dampak buruk lainnya.

Sebagai selingan, kamu pun disarankan untuk mengonsumsi minuman sehat Diasweet Litesip, minuman susu skim yang dilengkapi dengan kolin, tinggi kalsium dan kaya akan protein, sehingga baik banget dikonsumsi kamu yang lagi diet atau sedang dalam program membentuk tubuh. Selamat mencoba!

Comment