Ini Manfaat Besar Rutin Lakukan Medical Check-Up

2017 Dec 23

image012

Selama ini, Medical Check-Up atau pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh hanya dilakukan saat seseorang akan bekerja atau dalam kondisi khusus lainnya. Padahal, memeriksa kesehatan secara rutin harus dilakukan, setidaknya 1 tahun sekali.

Memang apa sih manfaatnya?

Sesuai dengan namanya, medical check-up merupakan pemeriksaan kondisi kesehatan secara menyeluruh, dari mulai memeriksa berat bada, cek fungsi jantung, kesehatan THT, paru-paru, kesehatan kulit, respon refleks tubuh hingga kekuatan otot.

Selain itu, beberapa item lainnya pun kerap diperiksa dalam pemeriksaan ini, salah satunya cek kondisi gula darah, kolesterol, tekanan darah hingga asam urat. Mengenai tujuannya, tentu saja medical check-up berfungsi untuk memantau kondisi kesehatan kita secara menyeluruh.

Fungsi lainnya, medical check-up dilakukan sebagai upaya deteksi dini risiko kesehatan yang mungkin saja terjadi. Misalnya, buat kamu yang berisiko terkena kanker payudara terkait faktor genetik, pemeriksaan kesehatan seperti mammogram wajib dilakukan.

Terkait hal ini, The American Cancer Society, menyarankan agar mulai aktif memeriksakan diri setahun sekali sejak usia 45 tahun. Sedangkan untuk wanita berusia 55 tahun ke atas, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan per dua tahun sekali.

Selain itu, ada beberapa pemeriksaan lainnya yang wajib dilakukan dan harus dilakukan sesuai dengan rekomendasi dokter (bisa 1 tahun 2 kali atau bahkan lebih), seperti kamu yang termasuk obesitas, punya riwayat keturunan diabetes, sedang dalam pengobatan hipertensi atau diabetes.

Mulai kapan harus rutin lakukan medical check-up?

Menurut David Atkins, M.D., penasihat senior pada U.S. Preventive Services Task Force, pemeriksaan kesehatan harus dilakukan secara rutin dan sesuai dengan kelompok usia.

Misalnya untuk pemeriksaan gigi, disarankan untuk mulai dilakukan sejak usia 1 tahun atau ketika kita berulang tahun yang pertama, dan dilakukan rutin 6 bulan setelahnya atau dua kali dalam setahun.

Usia 20-30, dilakukan pemeriksaan tulang panggul (termasuk Pap smear), dan dilakukan rutin setiap 2-3 tahun sekali jika hasil tes normal. Selain itu, di usia ini pun kamu wajib sudah mulai memeriksa tekanan darah, periksa kolesterol, dan lainnya.

Nah bagaimana dengan kamu Diasweeters. Sudahkah melakukan pemeriksaan kesehatan secara reguler?

Comment