Ini Manfaat Regangkan Otot Tubuh Setelah Bangun Tidur

2017 May 18

Ini Manfaat Regangkan Otot Tubuh Setelah Bangun Tidur

Saat bangun tidur, terkadang kita tidak akan langsung pergi ke kamar mandi. Biasanya, selama beberapa menit kita akan menikmati dulu tempat tidur dan melakukan peregangan. Kata orang, kebiasaan ini merupakan tindakan bermalas-malasan. Benarkah itu?

Ternyata nggak Diasweeters. Dilansir dalam Livestrong, berikut manfaat melakukan peregangan otot sesaat setelah bangun tidur.

Melenturkan otot

Selama tidur, tubuh tidak akan banyak bergerak, hingga mengakibatkan otot-otot pun menjadi kaku. Terlebih beberapa bagian otot, termasuk otot sekitar punggung, leher, tangan dan kaki.

Untuk mengembalikan kelenturan otot yang kaku, dibutuhkan gerakan peregangan sederhana dengan hanya mengangkat tangan sekuat tenaga, sambil menariknya ke belakang. Dalam seketika, otot-otot tubuh kita pun akan lentur kembali. Tapi ingat, lakukan secara perlahan!

Melemaskan sendi

Menurut penelitian yang dilakukan Healthy Back Institute, menyebut jika nyeri dan sendi yang kaku saat pagi hari, umumnya disebabkan karena kurang kegiatan fisik dan tidur yang tidak cukup.

Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan peregangan otot di pagi hari untuk meningkatkan pergerakan pada sendi. Ajaibnya lagi, gerakan sederhana ini terbukti efektif untuk menurunkan risiko masalah tulang dan sendi, seperti arthritis dan lainnya.

Meningkatkan sirkulasi darah

Kondisinya hampir sama dengan otot, dimana ketika kita tidur, biasanya peredaran darah menjadi sedikit melambat. Nah, saat melakukan peregangan, tidak hanya otot dan sendi saja yang diperbaiki, tapi juga sirkulasi darah akan meningkat dan berjalan lebih stabil.

Manfaatnya, saat peredaran darah stabil, detak jantung pun akan kembali normal, suhu tubuh beranjak naik dan tubuh pun akan terasa lebih segar.

Menghilangkan stress

Banyak orang yang merasa sangat malas ketika harus bangun tidur di pagi hari. Mereka umunya takut menghadapi kesibukan hari yang begitu menyiksa, terlebih saat harus membayangkan kemacetan dan segala aktivitas yang membosankan.

Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan peregangan otot selama 30 detik. Selain menyegarkan tubuh, peregangan ini pun akan membuat mood anda menjadi lebih baik.

Comment