Inilah 4 Fakta Gula Darah Penyebab Diabetes

2017 Jul 21

Inilah 4 Fakta Gula Darah Penyebab Diabetes

Saat divonis mengidap diabetes, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah, mengatur kadar gula darah agar tetap stabil. Tujuannya, teknik ini dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi yang mungkin saja timbul, seperti penyakit jantung, gagal ginjal dan lainnya.

Agar bisa terhindar dari keganasan penyakit ini, dilansir dalam Times of India, berikut merupakan 4 fakta unik tentang gula darah yang menyebabkan diabetes.

Gula darah bisa merusak jantung

Akibat tingginya gula darah, komplikasi yang mungkin saja timbul adalah penyakit jantung. Hal ini timbul karena gula darah yang tinggi bisa merusak dinding pembuluh darah yang akan menghambat peredaran darah.

Saat ini terjadi, kinerja arteri koroner akan terpengaruh hingga mengakibatkan serangan jantung. Sayang, simptom serangan jantung pada diabetes ini biasanya sulit untuk terlihat.

Diabetes faktor utama gagal ginjal

Selain mengakibatkan serangan jantung, tingginya gula darah bisa merusak unit penyaring ginjal dan membuatnya rusak parah.

Pada penderita diabetes, salah satu tanda awal kerusakan ginjal adalah, Anda bisa melihat ekskresi albumin dalam urine. Hal ini dilakukan dari tes urin dasar. Untuk mencegahnya, jangan lupa melakukan check-up secara teratur, setidaknya 3-6 bulan sekali.

Diabetes menyebabkan kebutaan

Ancaman serius diabetes ternyata bisa datang kepada mata, dimana kadar gula darah yang tinggi bisa mengubah bentuk lensa mata, hingga akhirnya berpengaruh pada kemampuan melihat.

Ada beberapa masalah mata yang biasanya menyerang penderita diabetes, diantaranya katarak, glaucoma, dan retinopati yang terjadi karena kerusakan pada saluran kecil retina. Secara perlahan, hal ini akan menyebabkan kebutaan permanen.

Gaya hidup sehat mengalahkan diabetes

Ternyata cukup sederhana untuk mengalahkan diabetes dan membuat kadar gula darah ke titik normal, yakni dengan menjalankan gaya hidup sehat.

Selain berolahraga, sebaiknya ganti sumber karbohidrat sederhana yang bersumber dari nasi putih, menjadi karbohidrat kompleks dari nasi merah, gandum utuh dan produk susu rendah lemak. Selain itu, ganti pemanis Anda dengan Diasweet Sweetener.

Produk pemanis yang satu ini memiliki rasa manis yang lebih kuat ketimbang gula, dan aman bagi penderita diabetes atau mereka yang berpantangan dengan gula. Selain itu, Diasweet Sweetener pun ampuh membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Comment