Jangan Salah Sangka, Ini Mitos Populer Tentang Minuman Beralkohol!

2017 Oct 21

11

Banyak mitos tentang minuman beralkohol, misalnya mitos yang menyebut alkohol bisa membuat tidur makin nyenyak, hingga hangover bisa diatasi dengan konsumsi kopi di pagi hari. Apakah itu benar? Belum tentu Diasweeters. Bagaimanapun juga mitos nggak bisa dijadikan pegangan.

Dilansir dalam hellosehat, berikut merupakan beberapa mitos populer tentang minuman beralkohol yang sebaiknya tidak kamu percaya karena terbukti tidak akurat.

Alkohol bisa bikin tidur nyenyak

Saat stres menyerang hingga membuat kamu sulit untuk memejamkan mata, banyak orang yang justru mengandalkan alkohol untuk bisa tidur nyenyak. Padahal keputusan ini salah besar. Alih-alih membuat tidur lebih nyenyak, justru alkohol bisa membuat kualitas tidurmu menurun.

Kabar buruknya, minuman beralkohol pun bersifat diuretik, sehingga kamu akan sering mengeluarkan cairan dari dalam tubuh dengan cara berkeringat atau buang air kecil, hingga tidurmu pun akan terganggu.

Cegah mabuk dengan muntah

Banyak yang percaya mabuk alias hangover bisa diatasi dengan cara memuntahkan kembali minuman beralkohol yang sudah terlanjur dikonsumsi. Padahal, cara ini tidak benar-benar membantu karena pada dasarnya alkohol sangat mudah diserap tubuh dan menyebar hingga ke otak lewat aliran darah.

Singkat kata, alkohol yang dikeluarkan dengan cara memuntahkannya kembali hanya sisa-sisa saja yang bercampur dengan makanan dan minuman yang masih berada di dalam lambung.

Banyak minum bir bikin perut buncit

Pernah mendengar istilah beer belly? Yup istilah ini cukup populer dan ditujukan kepada pria perutnya buncit karena kebanyakan konsumsi bir. Bahkan karena istilah ini, sampai-sampai ada anggapan yang menyebut jika pria buncit merupakan tanda dia pencinta bir.

Padahal perut buncit belum tentu disebabkan karena bir lho, melainkan karena kalori yang terlalu tinggi hingga menumpuk dan menjadi lemak dalam tubuh.

Kopi bisa usir hangover

Banyak yang percaya konsumsi kopi bisa mengatasi sisa hangover. Padahal anggapan ini kurang tepat. Alih-alih mengatasi hangover, kopi justru bisa membuat kamu makin dehidrasi. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi bersifat mengikat cairan dan membuat kamu kehilangan banyak cairan.

Selain itu, alih-alih membuatmu segar, kafein dalam kopi justru bisa membuat kamu merasa lebih kacau, sakit kepala, jantung berdebar hingga sakit perut. Nah lho, malah tambah parah kan?

Comment