Makan Mie Instan Plus Nasi Berbahaya? Ini Faktanya

2017 Oct 25

13

Mie dibuat sebagai makanan paling praktis dan banyak digemari karena rasanya yang lezat. Mie sendiri berfungsi sebagai pengganti nasi, dimana kandungan kalori dan karbohidratnya (karbohidrat sederhana) yang cukup tinggi, dinilai efektif sebagai ganjal perut sekaligus bekal tenaga untuk beraktifitas.

Anehnya, di Indonesia sendiri mie kadang dijadikan sebagai lauk untuk campuran nasi. Padahal ini nggak boleh lho Diasweeters. Menurut Dr. Oz Indonesia, mencampur mie dengan nasi bisa menimbulkan dampak buruk bagi tubuh, diantaranya :

Over karbohidrat

Mie dan nasi sama-sama mengandung karbohidrat. Saat kamu menyatukannya, tubuh akan menerima karbohidrat dalam jumlah yang besar hingga bisa memicu obesitas.

Masalah lainnya, saat kamu mengonsumsi mie bersama nasi, bahan makanan lainnya akan tersingkirkan, misalnya telur sebagai perwakilan dari golongan protein, sayuran untuk vitamin dan serat, serta beberapa nutrisi lainnya. Alhasil, kebutuhan gizi harianmu pun akan sulit tercukupi.

Merusak pankreas

Over karbohidrat karena menyatukan mie dengan nasi, berisiko membuat pankreas rusak. Hal tersebut karena hasil produksi gula dari mie dan nasi akan diolah menjadi insulin, dimana dalam proses ini organ tubuh yang paling banyak berperan adalah pankreas.

Nah, karena terlalu banyak yang harus diolah, otomatis pankreas akan bekerja lebih keras atau bahkan over, hingga akhirnya berisiko mengalami kerusakan.

Risiko diabetes

Dalam tubuh, kalori yang tinggi dalam nasi plus mie akan diolah menjadi gula. Hitungannya, makin banyak kalori yang masuk, maka makin besar pula produksi gula dalam tubuh.

Dengan kata lain, kamu wajib bekerja keras untuk membakar semuanya. Jika tidak, maka risiko yang paling mungkin terjadi adalah, obesitas hinga akhirnya menderita diebetes. Parahnya lagi, diabetes bisa menyerang siapa saja, termasuk kamu yang masih dalam kategori anak muda.

Berisiko merusak organ hati

Di dalam tubuh, karbohidrat bisa dipecah menjadi zat lainnya, seperti lemak dan lainnya. Nah Diasweeters, seluruh proses ini akan di transfer ke organ hati sebagai pembantu sistem metabolisme.

Mungkin bukan masalah, jika yang dikonsumsi sejenis lemak baik, tapi bagaimana dengan mie? Nah, bahan kimia dan racun dalam mie ini semuanya akan diserap oleh hati, sehingga kinerjanya menjadi semakin berat. Imbasnya, organ hati pun berisiko mengalami kerusakan. Gimana Diasweeters, ngeri bukan?

Comment