Rasa Pegal di Leher Tanda Kolesterol Naik, Benarkah?

2017 Jul 25

Rasa Pegal di Leher Tanda Kolesterol Naik. Benarkah

Diasweeters, pernah merasakan kondisi dimana leher terasa pegal? Yup, saat bangun tidur dan leher terasa pegal, banyak yang langsung mengkambing hitamkan bantal. Selain itu, pegal di leher pun kerap dikaitkan dengan posisi tidur yang salah.

Padahal seperti dilansir dalam Emedicinehealth, pegal dibagian leher bisa jadi merupakan sinyal bahaya dari tubuh untuk memperingatkan jika kadar kolesterol dalam darah kita tengah naik dan butuh penanganan segera untuk menormalkannya.

Pegal yang berada di area tengkuk dan pundak, merupakan salah satu implikasi peredaran darah yang tidak lancar karena adanya sumbatan di pembuluh darah. Aliran darah yang tidak lancar inilah yang berkaitan dengan tingginya kolesterol, dan memicu berbagai penyakit, termasuk darah tinggi dan stroke.

Selain itu, tanda naiknya kolesterol pun bisa dilihat dari timbulnya rasa pegal di beberapa bagian tubuh, termasuk area kaki dan tangan. Penyebabnya sama, terjadi penyumbatan aliran darah akibat kolesterol yang tidak terkendali.

Untuk memastikan apakah pegal yang terjadi di area tengkuk dan beberapa bagian tubuh ini sebagai akibat dari meningkatnya kadar kolesterol, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan melakukan tes laboratorium.

Apa yang harus dilakukan saat kolesterol naik?

Sebenarnya mengendalikan kolesterol merupakan hal yang sederhana. Jika Anda termasuk pemilik berat badan berlebih, sebaiknya segera atur jadwal untuk melakukan olahraga rutin, setidaknya 30 menit per hari dan ubahlah kebiasaan makan Anda.

Sementara itu, para peneliti dari Virgen de la Victoria Hospital di Malaga dan Santiago de Compostela University, menyebut stres emosional merupakan salah satu pemicu meningkatnya kolesterol dalam darah. Untuk mengatasinya, segera kendalikan stres dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Jangan lupa hindari juga makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol, terutama gorengan dan makanan tinggi tepung. Untuk sementara, sebaiknya Anda mengurangi asupan lemak jenuh yang berasal dari minyak hewani, daging merah dan lainnya.

Dengan penanganan yang cepat dan tepat, masalah yang ditimbulkan karena kolesterol tinggi pasti bisa dihindari. Agar lebih pasti, berkonsultasi dengan dokter merupakan hal yang wajib Anda lakukan.

Comment