Waspada, Nyeri Tendon Mungkin Tanda Kolesterol Tinggi

2017 May 14

Waspada, Nyeri Tendon Mungkin Tanda Kolesterol Tinggi

Ada beberapa indikasi jika kadar kolesterol anda tergolong tinggi, salah satunya kecenderungan untuk mengalami nyeri tendon atau perubahan struktur tendon. Jangan abaikan tanda ini, untuk mengetahui lebih jauh tentang kadar kolesterol anda, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Dilansir dalam Reuters, kolesterol sendiri sejatinya sangat penting untuk tubuh sebagai sumber energi. Tapi jika kadarnya terlalu tinggi, kolesterol bisa mendatangkan beragam risiko kesehatan, termasuk meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, kolesterol yang tinggi pun bisa mendatangkan masalah gangguan otot dan persendian. Menurut James E.Gaida, peneliti dari University of Canberra, hal inilah yang membuat mereka yang memiliki kolesterol tinggi, akan cenderung menderita sakit tendon.

Tendon sendiri merupakan jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang. Sementara tendinopati merupakan sebuah kondisi dimana seseorang merasakan sakit ketika menggunakan tendon.

Hingga saat ini, Gaida sendiri mengaku masih rutin melakukan riset mengenai kaitan antara nyeri tendon dan kolesterol, dimana salah satu hasilnya menyebut jika tendinopati bisa mengenai semua bagian tendon, bahkan hingga menjangkau tendon Achilles di tumit dan bagian bahu.

Menariknya lagi, Gaida menemukan fakta jika pola dari perubahan kadar kolesterol yang diperlihatkan dengan kondisi tendinopati, berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung, stroke dan hipertensi.

Dengan kata lain, kolesterol tidak hanya buruk bagi jantung, tapi juga buruk bagi tendon. Sementara itu, beberapa penelitian lainnya menyebut jika deposit kolesterol akan memicu inflamasi tendon, hingga akhirnya struktur tendon pun akan ikut berubah.

Bagaimana cara mengatasinya?

Selain dengan konsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga, anda pun disarankan untuk menjalankan diet sehat, termasuk banyak mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti gandum utuh.

Nah Diasweeters, buat anda yang membutuhkan camilan sehat sebagai penyerta diet, Diasweet Litebite hadir untuk anda dengan segala kebaikan gandum utuh. Selain lezat dan terdiri dari banyak varian rasa, camilan ini pun tidak mengandung kalori, dan dipastikan aman dikonsumsi siapa saja.

Menariknya, Diasweet Litebite pun tergolong ampuh menjaga perut tetap kenyang, dan menjauhkan anda dari godaan kelezatan junk food. Selamat mencoba!

Comment