Tubuh Alami 5 Kondisi Ini? Segeralah Berlibur!

2017 Jul 31

Tubuh Alami 5 Kondisi Ini

Pernah dengar istilah kurang piknik? Yup, istilah tersebut ternyata bukan isapan jempol saja. Walaupun terlihat seperti candaan, buktinya tidak mengambil jatah liburan ternyata bisa berakibat fatal pada tubuh dan produktifitas, hingga menyebabkan risiko stres.

Dilansir dalam Hello Giggles, berikut merupakan beberapa sinyal tubuh membutuhkan liburan.

Tidak bisa tidur

Saat pikiran dan hati tenang, otomatis tidur pun akan jadi nyenyak. Hal ini sangat berbeda saat tubuh sedang merasa sangat lelah dan pikiran sedang kacau. Alih-alih bisa tidur nyenyak, yang ada Anda malah merasa terisolasi sendiri dan sulit untuk memejamkan mata.

Jika masalah ini menimpa Anda, sebaiknya segera ambil jatah libur sabtu minggu Anda untuk pergi ke tempat yang diinginkan, atau setidaknya melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga.

Gangguan perut

Agak sedikit aneh memang. Tapi faktanya, penelitian yang dilakukan University of South Florida di tahun 2011 silam, menemukan hubungan yang erat antara stres dan perasaan mual, asam lambung tinggi, kram perut, dan gangguan pencernaan.

Saat gangguan pencernaan mulai menyerang, sepertinya Anda harus berhenti menyalahkan makanan, dan mulailah merancang rencana untuk berlibur.

Sering sakit kepala

Saat sedang stres, hormon dalam tubuh akan bereaksi hingga menekan saraf pusat yang berhubungan dengan sakit kepala. Alhasil, saat pikiran pusing, sakit kepala pun akan mulai menyerang.

Untuk mengatasinya, mengonsumsi obat-obatan pereda sakit kepala bukanlah keputusan yang bijak. Sebaiknya, luangkan sedikit waktu untuk mengambil jatah liburan di akhir pekan, dan lakukan hal yang menyenangkan di tempat liburan bersama keluarga.

Sering sakit dan sulit pulih

Stres ternyata berhubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh. Saat Anda stres, biasanya penyakit yang paling mudah menyerang adalah, pilek, flu, batuk dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Menariknya, penyakit yang tergolong ringan ini malah terasa sulit sembuh.

Untuk mengatasinya, sepertinya Anda harus berhenti dulu dari rutinitas dan mulailah menemukan tempat berlibur yang menyenangkan.

Lelah dan lesu

Jika Anda sudah merasa lelah dan lesu, pikiran kacau dan sulit mencari inspirasi, ini pertanda stres sudah mulai menguasai. Jangan dipaksakan Diasweeters karena alih-alih menghasilkan sesuatu, dalam kondisi ini Anda justru malah terancam stres yang lebih berat.

Solusinya, jadwalkan akhir pekan ini untuk mengambil jatah cuti panjang dan pilihlah satu destinasi wisata untuk berlibur. Selamat mencoba!

Comment